Surat resign ditulis saat kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Hal ini dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku dan juga untuk saling menghormati dan menjaga hubungan baik yang sudah terjalin antara karyawan dan perusahaan. Banyak hal yang mengakibatkan seseorang memutuskan untuk mengajukan surat resign, salah satunya adalah karena ingin mencari yang lebih baik lagi demi masa depan kita sendiri. Tapi untuk beberapa kasus, terkadang ada juga seseorang mengajukan surat resign dikarenakan adanya selisih paham atau merasa tidak cocok lagi dan lain sebagainya. Namun apapun alasannya sebaiknya pengunduran diri kita tidak memberikan dampak buruk terhadap hubungan baik dengan perusahaan karena penting untuk tetap saling menjaga, saling menghargai serta saling menghormati sehingga tidak terputus tali silaturahmi kita dengan perusahaan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat resign:

Format surat resign

Surat resign itu sendiri terdiri dari beberapa bagian. sama seperti halnya jika kita ingin menulis surat biasa. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Kepala surat, bagian ini berisi informasi akan ditujukan kepada siapa surat resign ini yang dalam hal ini akan ditujukan kepada HRD manager perusahaan bersangkutan lengkap dengan nama perusahaannya juga.
  • Pembuka surat, bagian ini berisi kata-kata pembuka untuk mendukung bagian selanjutnya
  • Isi surat, ini adalah bagian penting dan inti dari isi surat. disini kita ajukan permohonan untuk mengundurkan diri berikut alasan-alasan dan lain sebagainya.
  • Penutup, setelah semua selesai tutuplah surat dengan kata-kata sopan sehingga surat kita pun bisa diterima dan dipahami dengan baik akan makna yang terkandung.

Contoh surat resign yang baik adalah surat resign yang bisa memberikan penjelasan secara lugas, terkendali, menggunakan bahasa-bahasa logis dan mudah dipahami untuk tujuan baik tentunya.

Waktu pengajuan surat resign

Disarankan surat resign diajukan satu bulan atau one month notice sebelum masa aktif kita diperusahaan bersangkutan berakhir. Hal ini dikarenakan agar perusahaan bisa memiliki waktu yang cukup untuk mencari pengganti posisi kita dan melanjutkan pekerjaan yang sudah kita kerjaakan sebelumnya atau dalam istilah lain hand over.

Dalam masa-masa menunggu sampai hari terakhir kita di perusahaan berakhir, tetap berikan yang terbaik buat perusahaan meskipun surat resign sudah diterima dengan baik. Setidaknya hal ini menunjukkan profesionalitas kita dimata perusahaan dan menjaga nama baik setelah waktu kita untuk meninggalkan perusahaan tiba. Jika sudah ada pengganti kita maka berikan penjelasan kepada pengganti kita mengenai pekerjaan kita sebelumnya dan ajarkan dia dengan baik. Meski pun nantinya si pengganti ini masih belum mengerti sampai terakhir kita berada disana, usahakan komunikasi tidak terputus setidaknya ini diperlukan oleh si pengganti agar dia tetap bisa mempelajari mengenai pekerjaan kita dan bisa memecahkan masalahnya sendiri. Berikan sepenuh hati jangan setengah-setengah :).

Alasan pengajuan surat resign

Alasan anda resign juga perlu menjadi perhatian karena dengan alasan yang tepat pula surat resign anda bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh perusahaan. Sebaiknya tidak memberi alasan kontroversial yang bisa menimbulkan perselisihan karena akan tidak baik buat kedepannya. Apapun alasan anda untuk resign pastikan tetap dalam rangka menjaga hubungan baik dengan perusahaan baik itu secara personal maupun secara profesionalitas.

Pada dasarnya perusahaan tidak memiliki wewenang penuh untuk ‘menahan’ kita untuk tetap stay tapi itu kembali ke diri kita masing-masing. Anda bergabung di perusahaan dengan baik dan sudah seharusnya anda mundur juga dengan cara yang baik-baik. Jika terjadi negosiasi agar anda bisa tetap stay maka hormati tawaran tersebut dan jika nantinya kita sudah mantap untuk mundur, tolak tawaran itu dengan bahasa yang sopan dan ucapkan terima kasih.

bahasa surat resign

Gunakan bahasa yang baik, sopan, beretika dan ter-manage dengan baik. Bahasa adalah perantara penting untuk menyampaikan maksud dan niat. Bahasa yang tepat juga akan mendukung upaya kita untuk mengundurkan diri sehingga perusahaan bisa cukup mengerti akan niat dan maksud dan tetap dalam rangka untuk tujuan baik juga tentunya. Atur tata letak kata-kata yang tepat mulai dari kepala surat, pembuka, isi dan penutup surat resign itu sendiri.

Kumpulkan data-data pendukung didalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× three = 27

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>